Apa itu teori musik? Pertanyaan yang sering diajukan

1) Apa itu teori musik?

Teori musik adalah bahasa konstruksi musik. Mereka yang mengerti bahasa musik, mereka yang bisa membaca dan menulis musik, disebut musisi. Seperti halnya orang yang menggunakan bahasa yang sama setiap hari berkomunikasi, musisi berkomunikasi melalui bahasa musik yang sama.

Musisi bahasa yang berkomunikasi tidak boleh diucapkan, melainkan melalui penggunaan lembaran musik. Lembaran musik berisi informasi yang memungkinkan musisi memainkan karya musik yang sama pada instrumen mereka, terlepas dari bahasa yang mereka gunakan. Orang-orang di seluruh dunia berkomunikasi melalui bahasa musik dan itulah sebabnya musik disebut bahasa universal.

2) Apakah saya harus tahu teori musik untuk memainkan alat musik?

Ini adalah pertanyaan yang sulit dan jawabannya adalah ya dan tidak. Izinkan saya menjelaskannya. Jika beberapa kebisingan atau suara memiliki ritme, melodi dan harmoni, ini bisa disebut musik. Tanpa komponen-komponen ini hanya kebisingan atau kebisingan terorganisir.

Seorang musisi, seseorang yang memahami teori musik dan mampu berkomunikasi dalam bahasa musik, akan membuat karya musik dan tahu apa yang mereka lakukan dan mengapa mereka melakukannya. Seorang musisi tahu nama not, akord dan skala yang mereka gunakan dan yang lebih penting, mereka akan tahu mengapa komposisi musik bekerja atau terdengar bagus.

Seorang musisi tidak perlu mendengar komposisi musik untuk mengetahui apakah nada dan nada tertentu terdengar bagus saat dimainkan bersama, karena teorinya telah menentukan nada dan keluarga nada mana yang akan terdengar bagus dan mengapa.

Di sisi lain, banyak orang yang memainkan musik main telinga. Banyak dari mereka yang mendengarkan audiens tidak tahu nama-nama catatan, akord dan skala yang mereka mainkan, tetapi mereka masih dapat menciptakan komposisi musik yang menyenangkan bagi pendengar.

Pemain yang belajar dan membuat musik dengan telinga telah mengembangkan selera tinggi, dan saat mereka melatih telinga mereka, kemampuan mereka untuk mengidentifikasi not, akor dan kualitas akor akan meningkat.

Biasanya mereka yang bermain dengan telinga terbatas hanya memainkan bentuk-bentuk musik sederhana seperti blues, rock, pop dan country. Sangat sulit untuk memainkan musik klasik dan jazz tanpa pelatihan musik dan pemahaman teori musik yang baik.

Orang-orang yang dapat mempelajari bentuk-bentuk musik kompleks dengan telinga memiliki bakat musik yang luar biasa dan mereka bahkan dapat dianggap sebagai keajaiban musik.

Untuk membantu membedakan antara musisi dan mereka yang memainkan musik dengan telinga, saya menawarkan contoh ini. Seseorang yang menggunakan komputer mungkin tidak tahu cara kerja komputer, tetapi mereka masih bisa mengetik surat, mengirim email atau menjelajahi Internet. Hal yang sama berlaku untuk musik.

Jadi ketika seseorang yang memainkan musik dengan telinga menciptakan komposisi musik yang menyenangkan telinga, mereka mungkin menerapkan prinsip-prinsip teori musik, apakah mereka menyadarinya atau tidak.

3) Apakah teori musik hanya berguna untuk musisi?

Tidak. Banyak penelitian telah menyimpulkan bahwa mereka yang belajar musik dan seni unggul di sekolah, karier, dan dalam kehidupan.

Ijazah dalam musik biasanya adalah ijazah seni liberal dan karenanya tidak terbatas pada sekadar membuat musik. Ada banyak jalur karier yang dapat Anda ikuti dengan ijazah musik.

Seseorang yang mengerti teori musik, biasanya memperhatikan musik yang mereka dengarkan. Musisi mendengarkan irama, melodi, harmoni, menyandingkan nada, titik-tandingan, dinamika, dan sebagainya. Semakin baik seseorang mendengarkan dan memahami nuansa musik yang ia dengarkan, semakin ia dapat menikmatinya.

4) Apa itu tablature dan apakah sama dengan membaca musik?

Tablature tidak dianggap membaca musik. Tablature adalah sistem yang menunjukkan gitaris yang mencatat dan chord mereka harus bermain dengan menunjukkan di mana harus meletakkan jari-jari mereka di leher gitar. Tablature tidak memberikan informasi yang cukup untuk memutar musik seperti yang ditulis, dalam tablature Anda perlu mengetahui nomor untuk dapat memainkannya seperti yang ditulis.

Tablature adalah alat yang sangat efektif untuk musisi dan pemain dan telah banyak digunakan oleh keduanya. Dengan tablature yang akurat, pemain dapat menyalin karya musik yang sangat dekat dengan cara penulisannya jika mereka terbiasa dengan karya musik itu.

Tablature tidak sama dengan membaca musik, tetapi itu adalah alat yang sangat berguna untuk mempelajari catatan untuk transkripsi catatan, dan juga merupakan alat belajar yang baik.

5) Apa cara terbaik untuk belajar teori musik?

Saya percaya bahwa cara terbaik untuk belajar teori musik adalah melalui pelatihan musik formal. Belajar musik dapat diikuti di sekolah yang mengajarkan musik atau memberikan les privat atau les. Mempelajari teori musik tanpa bantuan guru adalah mungkin, tetapi itu akan menjadi tantangan.

Pengalaman saya sendiri adalah bahwa waktu terbaik untuk belajar teori musik adalah ketika seseorang masih muda, antara usia 8 dan 12, atau ketika seorang anak di sekolah dasar. Peluang sukses belajar teori musik tampaknya jauh lebih baik ketika pelatihan musik dimulai pada usia muda.

Untuk membaca diskusi tentang hal ini, kunjungi blog saya dan ingat, dalam musik, ketidaktahuan bukanlah berkah, itu hanya berarti lebih banyak pekerjaan!



Source by Michael Allard