Daftar lagu-lagu rakyat Filipina

Lagu-lagu rakyat adalah, secara harfiah, lagu-lagu rakyat. Dan dalam menentukan identitas suatu negara, seseorang tidak dapat melampaui bentuk musik ini sebagai indikasi untuk suatu budaya tertentu. Daftar lagu rakyat Filipina ini menawarkan beberapa contoh dari banyak lagu sederhana namun tak lekang waktu yang berakar pada kesadaran orang Filipina sejak lama.

BAHAY KUBO

Lagu ini sama terkenalnya dengan anak sekolah Filipina sebagai & # 39; ABC & # 39; dan & # 39; Kedutan & # 39; , Twinkle, Little Star "adalah untuk anak-anak di mana-mana." Dikreditkan telah ditulis oleh komposer dan 1997 Artis Nasional untuk Musik Felipe de Leon (1912-1992), itu berbicara tentang rumah pedesaan Filipina tradisional, "pondok" sederhana atau pondok, dan terus daftar sayuran yang berbeda ditanam di lingkungan.

PARTICLE-KITONG

Juga disebut Tong Tong Tong Pakitong-Kitong, lagu ini memiliki Tagalog dan versi Cebuano, ia menggambarkan kepiting yang lezat untuk dimakan, tetapi sulit ditangkap oleh penjepitnya.

MAGTANIM AY & # 39; DI BIRO

Dikreditkan ke Felipe de Leon, "Magtanim Ay & # 39 ; Di Biro "(" Penanaman padi tidak pernah "Menyenangkan") menggambarkan pekerjaan membosankan menanam padi. Hal ini ditutupi oleh band rock Filipina The Dawn, dan mantan Presiden Joseph "Erap" Estrada bahkan menulis ulang untuk lebih "inspirasional" versi berjudul "Kung Tayo & y Magtatanim" ("Jika kita semua matang tanaman"). [19659002] O ILAW

Contoh populer dari genre lagu cinta tradisional Filipina "kundiman", lagu ini dibuat terkenal oleh penyanyi dan aktor Filipina, Ruben Tagalog (1920-83). Judul sebenarnya dari lagu ini sebenarnya "My Star", judul saat ini berasal dari dua kata pertama "atau cahaya" ("atau cahaya").

PIPIT

"The Pipit" ("The Sparrow") menceritakan kisah seekor burung pipit jatuh dari dahan yang tergeletak di tanah setelah dirajam oleh orang yang kejam. Itu ditulis bersama oleh Lucio D. San Pedro (1913-2002) dan Levi Celerio (1910-2002). Pada tahun 1997 Celerio diproklamasikan sebagai Artis Nasional untuk Musik dan Sastra. Dia menyusun lebih dari 4000 lagu dan bahkan termasuk dalam Guinness Book of World Records karena bakatnya yang tidak biasa untuk memainkan musik dari sebuah majalah.

SA UGOY NG DUYAN

Kolaborasi lain antara Lucio San Pedro dan Levi Celerio. "The Swing of the Cradle" adalah nina bobol yang menakutkan dan nostalgia yang mengekspresikan perasaan seorang anak yang menemukan keamanan yang menenangkan di pelukan seorang ibu yang penuh kasih.

DALAM HIDUP NAYON

Masalah ini menggambarkan keindahan dan ketenangan hidup di pedesaan. Itu ditulis oleh Santiago S. Suarez dan dipopulerkan oleh penyanyi Filipina dan "Ratu Kundiman" Sylvia la Torre.

BAYAN KO

Ditulis pada tahun 1929 oleh penyair Filipina Jose Corazon de Jesus ("Huseng Batute" 1896-1932) dan kemudian dimasukkan ke musik oleh Constancio de Guzman (1903-83), "Bayan Ko" ("Saya negara ") dimaksudkan untuk menjadi lagu patriotik terhadap pendudukan Amerika di Filipina. Sejak itu, praktis merupakan lagu kedua bagi orang-orang Filipina yang cinta kebebasan, sebuah lagu tema untuk beberapa peristiwa paling penting dalam sejarah Filipina. Versi yang paling terkenal adalah penyanyi rakyat Filipina Freddie Aguilar.

Seseorang dapat mengatakan bahwa sebuah negara ditentukan oleh lagu kebangsaannya. Dari daftar lagu rakyat Filipina ini kita dapat menyimpulkan bahwa rakyat Filipina adalah orang yang rendah hati, tidak hanya penuh sukacita tetapi juga aspirasi yang dalam. Mereka juga orang yang rajin, dengan cinta untuk hal-hal sederhana dalam hidup, serta keinginan yang besar untuk perdamaian dan kebebasan nasional. Dan tentu saja, orang Filipina adalah pihak yang berbakat, mampu membuat lagu yang mencerminkan sifat negara tercinta mereka.



Source by Kenny Leones